Gurihnya Investasi Deposito

Gurihnya Investasi Deposito

intidana depositoDeposito atau yang juga biasanya dikenal dengan nama deposito berjangka merupakan sebuah produk yang berasal dari tabungan yang juga diberikan pada setiap nasabahnya dimana sistem yang diterapkan ialah sistem bagi hasil yang diperoleh dari suku bunga tetap. Selain itu, menghitung bunga deposito juga sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Apabila anda ingin berinvestasi deposito maka tidak ada salahnya anda mencoba deposito intidana bank

Beberapa jenis-jenis deposito antara lain ialah:
deposito berjangka1. Deposito Berjangka
Untuk jenis deposito yang satu ini adalah salah satu deposito yang paling banyak dicari serta digunakan oleh kebanyakan masyarakat saat ini. Hal ini sesuai dengan namanya yaitu deposito berjangka, dimana deposito yang satu ini mempunyai jangka waktu yang dapat anda pilih sendiri misalnya 1, 3, 6, atau 12. Contohnya, jika anda mendepositokan sejumlah uang anda kepada sebuah bank BPR lalu mengambil jangka waktu selama sekitar 3 bulan, maka nantinya anda tidak akan bisa mengambil sepeser pun dari uang tersebut selama kurun waktu 3 bulan. Lalu bagaimana jika anda terpaksa untuk mengambil uang yang ada di BPR tersebut kembali sebelum jatuh tempo tiba? Sebenarnya anda masih bisa mengambilnya tapi nantinya akan ada sejumlah biaya pinalty. Namun jika pada akhirnya anda mampu untuk bertahan selama kurun waktu tersebut maka anda akan memperoleh keuntungan atau sejumlah bunga yang besar yakni sebesar rata – rata sekitar 5%.

2. Sertifikat Deposito
Jenis deposito yang satu ini pastinya terdengar cukup asing di telinga masyarakat biasa, hal tersebut karena jenis deposito yang satu kebanyakan digunakan oleh orang kaya. Deposito yang satu ini memiliki bentuk seperti sertifikat, tapi masih dapat diperjualbelikan maupun dipindah tangankan kapan saja.

3. Deposito on call
Yang terakhir ialah deposito on call dimana jenis yang satu ini hanya mempunyai waktu yang cukup singkat, yaitu hanya sekitar 7 hingga 30 hari, tapi untuk persyaratan pembukaan depositonya haruslah dengan nominal yang lebih besar dari nominal deposito lainnya.

Lalu apa saja manfaat yang diperoleh dari deposito? Manfaat yang diperoleh antara lain:
1. Menguntungkan, bahkan jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, deposito relatif lebih aman dan juga lebih jauh dari kerugian.
2. Bunga yang diperoleh lebih banyak jika dibandingkan dengan nominal bunga tabungan biasa.
3. Keamanannya terjamin LPS jadi anda pun tidak perlu merasa takut tertipu.
4. Bisa dijadikan investasi, karena bunga yang dihasilkan besar, deposito dapat dijadikan investasi masa depan.

Sebarnya sistem kerja deposito cukup mudah untuk dipahami oleh para nasabahnya. Sistem kerja yang diterapkan oleh deposito mewajibkan para nasabah nya untuk tidak mencairkan sejumlah dana yang disetor pada kurun waktu tertentu saja. Meskipun begitu, deposito berjangka dapat memberikan alternatif investasi tabungan yang banyak disukai masyarakat tanah air. Tentu saja hal tersebut cukup berbeda jika dibandingkan dengan tabungan yang biasanya dimana penghitungan angka suku bunganya dilakukan setiap hari. Memang biasanya bunga deposito cukup tinggi tapi juga mempunyai sifat bunga tetap yakni berada di kisaran 3,25% hingga 5,5%. Selain itu, nasabah juga akan menerima bunga deposito ketika sudah jatuh tempo. Selain itu, periode deposito juga bisa diperpanjang lagi secara otomatis jika sudah jatuh tempo dengan memakai sistem ARO atau Automatic Roll Over. Selain itu, jika nasabah ingin mencairkan dana yang disetornya terlebih dulu sebelum tanggal jatuh tempo maka nasabah tersebut akan menerima penalti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *